BP2AI Laksanakan Workshop Penguatan Case Method dan Team Based Project

BP2AI Laksanakan Workshop Penguatan Case Method dan Team Based Project

Indikator Kinerja Utama (IKU) telah diluncurkan oleh Mendikbud-Ristek dengan mengeluarkan Kepmendikbud No 754/P/2020 tentang 8 (delapan) IKU yang menjadi landasan transformasi pendidikan tinggi di Indonesia.Salah satunya yaitu IKU ke 7 yaitu Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif, IKU ketujuh adalah kelas yang kolaboratif dan partisipatif, sehingga pihak kampus bersama para dosen mampu menciptakan kelas yang mumpuni. Program ini dapat melibatkan mahasiswa dan merangsang keterlibatan mereka dalam proses belajar di kelas.
Berkaitan dengan hal tersebut pada hari Selasa 27 September 2022, elah dilaksanakan Workshop Case Method dan Team-Based-Project, dengan menghadirkan narasumber bapak Prof. Slamet PH, M.Ed, MA, MLHR Ph.D dari Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam sambutannya kepala BP2AI ibu Siti Saudah Spd., M.Hum menyampaikan laporan kegiatan serta menyatakan terimakasih atas kerjasama semua pihak khususnya para dosen pada kegiatan ini.
Acara ini secara resmi dibuka oleh Rektor IST AKPRIND Dr. Edhy Sutanta, ST., M.Kom pada kesempatan ini menyampaikan harapan dan juga rasa optimis para dosen bisa berkolaborasi serta adanya rekan dari Perguruan Tinggi mitra yang nantinya bisa saling bertukar ilmu dan informasi. Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa menghasilkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Case Method dan Team Based Project Learning untuk matakuliah yang ada di Prodi. Acara ini dapat terselenggara dengan baik oleh Tim dari BP2AI dengan dikoordinasikan oleh Erna Kumalasari Nurnawati St., MT. Dengan moderator acara Aji Pranoto SPd, Mpd acara ini berlangsung menarik dan komunikatif.
Sementara itu Prof Slamet dalam kesempatan tersebut banyak menyampaikan kondisi bangsa Indonesia saat ini sehingga dalam bidang pendidikan khususnya dosen dalam melaksanakan tugas Tridharma bidang pendidikan kegiatan workshop ini akan mampu merancang metode pembelajaran menggunakan kedua metode yaitu Case Method dan Team Based Project. Case Method merupakan metode pembelajaran partisipatif berbasis diskusi untuk memecahkan kasus atau masalah. Penerapan metode ini akan membantu mahasiswa mengasah dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis untuk memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi, dan kreativitas. Sedangkan, Team Based Project merupakan metode yang dibangun di atas kegiatan pembelajaran dan tugas nyata berbasis proyek yang memberikan tantangan bagi peserta didik yang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok. Intitusi yang kuat minimal harus dibangun dengan team work yang kokoh, cerdas, dinamis dalam pekerjaan, harmonis, lincah. Sehingga dosen-dosennya harus terbiasa dengan membiasakan pekerjaan yang tidak biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Hubungi kami via WhatsApp