Luncurkan Aplikasi Presensi Mandiri dan SIA Mobile Berbasis Android & iOS

Luncurkan Aplikasi Presensi Mandiri dan SIA Mobile Berbasis Android & iOS

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta (IST AKPRIND) meluncurkan aplikasi presensi mandiri dan SIA (Sistem Informasi Akademik) berbasis mobile Android & iOS pada Senin, (23/11) di Kampus 1, Jalan Kalisahak No. 28 Yogyakarta.

Sebagai salah satu institusi pendidikan yang sangat peduli dengan pemanfaatan teknologi untuk mendukung tercapainya penyelenggaraan pendidikan yang lebih efektif, maka IST AKPRIND terus berinovasi mengembangkan sistem akademik yang mendukung administrasi dan perkuliahan.

Aplikasi akademik berbasis mobile Android & iOS ini dibuat khusus untuk mahasiswa. Salah satu fitur penting aplikasi yang sudah di ujicoba untuk dijalankan selama dua semester berjalan ini adalah presensi kehadiran kuliah berbasis QR Code. Mahasiswa dapat melakukan presensi melalui gawai masing-masing, dengan cara login ke aplikasi, kemudian scan QR Code yang diberikan oleh Dosen pada saat jam perkuliahan. Fitur QR Code ini merupakan pengembangan dari sistem presensi gesek KTM yang sudah ada sebelumnya. Penggunaan QR Code dinilai lebih valid, karena 1 device hanya dapat digunakan oleh 1 akun, sehingga dapat mengurangi titip presensi antar mahasiswa. “Kami, BP3SI (Badan Perencanaan Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi) IST AKPRIND terus berinovasi untuk memberikan yang terbaik bagi sivitas akademika” kata Catur Iswahyudi, ST., MCs. MTS, selaku Kepala BP3SI.

Selain sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan bagi mahasiswa, kebutuhan akan informasi digital yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, juga menjadi prioritas untuk dikembangkan. Adanya pandemi COVID-19 semakin membuat kebutuhan akses berbagai informasi secara daring meningkat. Menjawab tantangan kebutuhan mahasiswa, BP3SI mencoba bertransformasi dan terus berupaya untuk selalu meng-upgrade dan menyediakan berbagai fitur sistem informasi akademik yang dapat diakses mahasiswa secara mandiri sesuai dengan akun masing-masing. Setiap mahasiswa pada saat KRS dibekali dengan PIN dari dosen wali yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi SIA mobile.

Fitur-fitur dari SIA mobile antara lain informasi KRS (Kartu Rencana Studi), informasi jadwal Ujian Semester sesuai KRS, dan pengingat jadwal kuliah hari ini. Fitur menarik dari aplikasi SIA Mobile yaitu dapat memberikan notifikasi pengingat jadwal kuliah secara real time, 15 menit sebelum kuliah berlangsung. Selain itu juga mahasiswa dapat melihat berbagai pengumuman terkait informasi akademik kemahasiswaan. Fitur pengumuman ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengetahui berbagai informasi dan pengumuman kampus, sehingga tetap update dan tidak ketinggalan informasi.

Rektor IST AKPRIND, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T. berharap dengan adanya aplikasi ini, dapat memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan membuat mahasiswa lebih update informasi, sehingga perkuliahan dapat berlangsung lancar. Kedepan, kami akan terus mengembangkan berbagai teknologi untuk kemudahan penyelenggaraan pendidikan, apalagi di era revolusi industri 4.0 kita harus mengedepankan penggunaan teknologi untuk masa depan anak bangsa yang lebih baik, tutupnya.

Aplikasi dapat diunduh melalui Play Store dan App Store dengan kata kunci “sia mobile akprind” atau “mobile akprind” atau “presensi akprind”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *