April 13, 2021

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

PELATIHAN CAMTASIA STUDIO BAGI DOSEN

Guna meningkatkan kualitas belajar mengajar bagi dosen di lingkungan Institut Sains & Teknologi AKPRIND, kembali BP2AI (Badan Pengembangan Pendidikan dan Aktiitas Instruksional) mengadakan pelatihan tutorial Camtasia Studio.

Pelatihan ini diadakan selama 2 hari dan dikarenakan antusias dosen peserta sangat banyak baka pelatihan ini diadakan 2 (dua) kali yaitu pada tanggal 11 dan 12 Mei 2020 serta 13 dan 14 Mei 2020 dengan peserta setiap sesi sebanyak 25 orang dosen. Karena saat ini baru pandemi Covid-19, maka pelatihan diadakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom. Pada kesempatan itu pula disampaikan oleh Kepala BP2AI, bapak Ir. Saiful Huda, MT maksud dan tujuan pelatian serta perlunya para dosen untuk dapat meningkatkan skill serta kualitas belajar mengajarnya.

Narasumber kali ini oleh bapak Muhammad Sholeh ST, MT. dari Jurusan Informatika IST AKPRIND dan beliau sangat peduli pada perkembangan teknologi khususnya dibidang IT.

Dijelaskan diawal oleh narasumber bahwa Camtasia adalah Software untuk screen capturing, elearning authors, content creators, video editing dan membagikan video yang dibuat melalui satu aplikasi. alat perekam layar monitor ini tidak merekam seperti kamera yang biasa kita gunakan, software ini harus kita install di computer Anda sehingga bisa digunkan untuk merekam video digital dengan kualitas audio yang cukup baik (bergantung mikrofon yang Anda gunakan). Camtasia juga bisa disesuaikan saat Anda mulai merekam layar monitor Anda, mau merekam seluruh layar monitor saja atau atau hanya area tertentu yang mau direkam.

Pada awal diciptakan Camtasia sebenarnya dirancang untuk mereka yang sering membuat video tutorial dengan fitur yang keren, tetapi belakangan Camtasia banyak digunakan untuk:

  • Software tutorial
  • Penjelasan dari sebuah proses yang ditampilkan dalam perangkat lunak.
  • Website Tour
  • Narrated PowerPoint presentations
  • Catatan kuliah, pekerjaan rumah atau materi lain
  • Pembuatan Video dan audio podcast production

Untuk tahap awal dilakukan pengenalan software Camtasia beserta kelebihannya kemudian para peserta yang sebelumnya sudah menginstalasi Camtasia studio diminta untuk mencoba membuat dan mempresentasikan hasil pelatihannya.