April 12, 2021

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Tim IST AKPRIND 1, JUARA 3 KMHE 2018 TINGKAT NASIONAL

Kontes Mobil Hemat Energi

KMHE adalah event yang diselenggarakan oleh DIKTI dalam skala nasional, tiap tahunnya memperlombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi. KMHE berorientasi pada efisiensi energi dari mobil rancangan mahasiswa hasil pengaplikasian ilmu yang diterima selama kuliah. Perlombaan dibagi menjadi dua kategori berdasarkan kategori kendaraan, yaitu Urban dan Prototype. Mobil dalam KMHE dibagi menjadi 4 kelas berdasarkan motor penggerakyang digunakan, diantaranya Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline, MPD Etanol, MPD Diesel dan Motor Listrik

Sebanyak 71 tim dari 45 perguruan tinggi di Indonesia, menampilkan inovasi terbaiknya pada Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) yang digelar di Universitas Negeri Padang pada Rabu (28/11/2018). Wakil Ketua Pelaksana KMHE Rifdarmon mengatakan, ada dua kategori yang diadakan pada KMHE ini, yaitu kompetisi kelas Prototype dan Urban Concept dengan jenis bahan bakar gasoline, ethanol, diesel, dan motor listrik.

Pada event ini Tim IST AKPRIND 1 dengan dosen pembimbing Dr. Ellyawan Setyo Arbintarso, ST., MSc. Ph.D., menjadi juara 3 kategori Urban Ethanol di ajang tingkat Nasional, pada kesempatan ini pula Pak Ellyawan juga ibu Nidia Lestari ST, MEng., selaku ketua Jurusan Teknik Mesin mengucapkan terima kasih atas doa serta dukungan seluruh sivitas akademik atas prestasi yang telah diraih saat ini.