Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI), merupakan program kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa). Program tersebut  merupakan upaya mengembangkan dan memperbanyak jumlah mahasiswa berwirausaha.  KBMI yang dimulai sejak tahun 2017 dinilai telah memberikan dampak positif pada mahasiswa untuk mendorong mahasiswa berwirausaha, termasuk model pengembangan usaha yang dimiliki oleh mahasiswa. Pelaksanaan KBMI akan terus ditingkatkan kualitasnya dalam rangka memberikan motivasi berwirausaha dan pengembangan usaha di kalangan mahasiswa dengan harapan dapat diadopsi menjadi sebuah sistem pembinaan berwirausaha di perguruan tinggi.

Sejak program ini dimulai tahun 2017, IST AKPRIND senantiasa mengirimkan mahasiswa sebagai peserta kegiatan tersebut. Pada pKBMI pertama tahun 2017, IST AKPRIND mampu meloloskan 5 proposal yang layak didanai oleh Kemnristekdikti. Jumlah proposal yang layak didanai tersebut meningkat dua kali lipat pada pelaksanaan KBMI kedua di tahun 2018.  10 proposal mampu diloloskan mahasiswa IST AKPRIND untuk didanail dan 5 hasil karya diantaranya berhak maju dalam KBMI Ekspo and Award yang diseelnggarakan di IPB. Targetnya pada pelaksanaan tahun 2019 ini paling tidak 15 proposal akan diloloskan oleh mahasiswa IST AKPRIND. Demikian diungkapkan Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna dan Kewirausahaan IST AKPRIND, Aji Pranoto, S.Pd., M.Pd dihadapan peserta Coaching Clinic KBMI bagi mahasiswa IST AKPRIND. Aji Pranoto menyampaikan bahwa animo mahasiswa IST AKPRIND dalam berwirausaha sangat tinggi. Terbukti pada coaching clinic KBMI ini diikuti secara sukarela oleh 260 mahasiswa. Dengan mengangkat tema “Kiat Sukses Menghadapi Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia tahun 2019, coaching clinic yang dibuka secara resmi oleh Rektor IST AKPRIND, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., ini menghadirkan narasumber dari Indonesia Student Entrepreneur Network.

Program KBMI menitikberatkan pada orientasi ide bisnis, proses usaha dan hasil usaha (profit). Tahapan KBMI tahun 2019 meliputi pengusulan proposal, pelatihan rencana bisnis, penetapan penerima hibah KBMI, pendampingan wirausaha, monitoring evaluasi dan Ekspo KMI sebagai puncak rangkaian kegiatan KBMI. KBMI tahun 2019 bertujuan untuk: Menumbuhkan karakter wirausaha; Menumbuhkembangkan wirausaha baru kreatif yang inovatif berbasis teknologi; Membantu mahasiswa dalam menentukan keunikan bisnis berbasis teknologi dengan menemukan celah pasar yang tepat untuk meningkatkan peluang keberhasilan bisnis.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here