Dirgahayu TNI ke 75, Sinergi Untuk Negeri

0
4

HUT ke-75 TNI atau Dirgahayu ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) jatuh pada hari ini Senin 5 Oktober 2020. TNI pada tahun ini telah berusia 75 tahun. Terbentuknya TNI pada 5 Oktober 1945, atau baru sebulan lebih Indonesia Merdeka pada 17 Agustus 1945.

TNI yang lahir pada 5 Oktober 1945 ini awalnya merupakan organisasi yang bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR). Pada tanggal tersebut, BKR berganti nama menjadi Tentara Keamanan Rakyat lalu diubah lagi menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). Setelah itu, Presiden Soekarno pada 3 Juni 1947 mengesahkan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara resmi.

Pengesahan itu dilakukan untuk mempersatukan TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat.

Upacara peringatan tersebut akan diselenggarakan secara virtual di kediaman istana kepresidenan. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia bisa menyaksikan gelaran upacara peringatan HUT TNI ke-75 melalui live streaming kanal Youtube Sekretariat Presiden yang akan dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Banyak sekali ucapan selamat dari pengguna Twitter, termasuk Presiden Joko Widodo melalui akun pribadinya.

“Di tengah pandemi ini, para prajurit TNI tetap menjadi tentara profesional dan kebanggaan rakyat. TNI membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegakkan aturan PSBB di daerah yang menerapkan, juga menjalankan operasi kemanusiaan.

Dirgahayu TNI,” tulis @jokowi pada 5 Oktober 2020.

Dirgahayu TNI ke 75 “Sinergi Untuk Negeri.” Tulis @Kemhan_RI