Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri IST AKPRIND Yogyakarta Terima Program Bantuan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM)

0
13

Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri, serta Teknik Lingkungan dari Fakultas Sains Terapan, IST AKPRIND menerima  Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar –Kampus Merdeka (MBKM). Dari jumlah proposal yang diterima Direktorat Beimawa sebanyak 1668 dari 324 perguruan Tinggi dan yang lolos dan menerima bantuan MBKM sebanyak 605 proposal dari  184 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Mahasiswa memiliki kesempatan mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam program Studi dan di luar program studi (Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1). Berdasarkan pasal tersebut, maka dilaksanakan kerjasama kurikulum Merdeka Belajar –Kampus Merdeka (MBKM) yang antara lain meliputi pertukaran pelajar, magang/praktik kerja, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian/riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi/proyek independen, dan kegiatan membangun desa/kuliah kerja nyata tematik.

Dengan adanya program bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar –Kampus Merdeka (MBKM), salah satunya diharapkan agar menghasilkan pengalaman baik (good practices) di Perguruan Tinggi dalam menyusun dan mengimplementasikan kurikulum program MBKM yang memiliki capaian pembelajaran lulusan sesuai dengan KKNI dan SN_Dikti.