Link and Match Kurikulum dengan PT IKAPERINDO

0
10

Bertempat di Auditorium Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, hari ini Rabu 11 Maret 2020 diselenggarakan acara Link and Match Perguruan Tinggi dengan Industri, menghadirkan 2 (dua) narasumber yaitu Komisaris PT Ikaperindo bapak Ir. Toharso, MM., dan bapak Suwarjo, ST selaku Direktur Utama PT Ikaperindo.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Pembina Potensi Pembangunan bapak Ir. H. Sagoro Wedi, MM, dalam kesempatanIr. H. Sagoro Wedy, MM. ini beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas kesediaan narasumber yang juga merupakan alumni dari IST AKPRIND hadir dan memberikan banyak masukan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa agar lebih mengenal dunia kerja.

Dalam sambutan lainnya oleh Rektor IST AKPRIND bapak Dr. Ir. Amir Hamzah, MT., disampaikan pula adanya acara ini merupakan sinergi antara alumni dan mahasiswa juga kampus agar kedepan kurikulum, materi pembelajaran juga kesiapan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja dapat lebih baik lagi. Link and match adalah penggalian kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja ke depan. Kurikulum dan sistem pendidikan terutama pendidikan tinggi di Indonesia sudah saatnya sesuai dengan kebutuhan kerja (link and match). Pasalnya, sampai saat ini lulusan pendidikan tinggi belum menjadi jaminan bisa memasuki pasar kerja dan dunia industri.

Dipandu oleh moderator bapak Beni Firman, ST., MEng. penyampaian sharing session berangsung sangat menarik. Dimulai dari paparan oleh bapak Suwarjo ST, yang menceritakan memulai usaha dari nol rupiah hingga saat ini bisa berkembang dan mampu bersaing dalam kancal industri nasional, selain itu juga menjelaskan bahwa PT Ikaperindo adalah perusahaan yang didirikan oleh para alumni dari IST AKPrIND Yogyakarta.

Acara selanjutnya disampaikan oleh bapak Ir. Toharso, MM., yang langsung melakukan dialog dengan mahasiswa berlangsung menarik, sekaligus nantinya diharapkan dapat menjaring mahasiswa agar dapat ikut bergabung dalam PT Ikaperindo. Disampaikan pula pada hakikatnya konsep link and match dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan tenaga kerja. Perguruan Tinggi perlu melakukan kerjasama sinergis dengan dunia kerja profesional agar relevansi pendidikan tinggi dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu tentunya dengan prinsip kerja dimana perguruan tinggi harus mampu memberikan keuntungan juga bagi dunia usaha (model manajemen win-win), jika akan melakukan program link and match.