Home Authors Posts by fakultas teknologi industri

fakultas teknologi industri

13 POSTS 0 COMMENTS

Penutupan Sementara 3 Kampus, diperpanjang Hingga 29 Mei 2020

0

Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., kembali mengeluarkan Surat Edaran sebagai upaya pencegahan Covid-19. Melalui Surat Edaran dengan Nomor: 002/SE/Rek/III/2020, tentang Kegiatan Akademik/Non-Akademik dalam rangka Pencegahan Covid-19 di lingkungan IST AKPRIND Yogyakarta yang diterbitkan Selasa 24 Maret 2020, Rektor menyampaikan beberapa hal antara lain:

Proses belajar mengsjar secara daring diperpanjang hingga 29 Mei 2020. Pembimbingan Mahasiswa maupun penyelenggaraan Ujian Tengah Semester akan  diselenggarakan secara daring. Sementara itu selama penerapan penutupan sementara kampus IST AKPRIND dalam rangka pencegahan Covid-19, mahasiswa tidak diperkenankan menyelenggarakan kegiatan di kampus. Walaupun hampir seluruh kegiatan dilaksanakan secara daring, Rektor juga berharap pelayanan kepada mahasiswa maupun calon mahasiswa IST AKPRIND, tetap dapat berjalan dengan baik dengan penggunaan media-media yang ada.

Perubahan KRS Hingga 26 Maret 2020

0

Dampak pemberlakuan Pembelajaran secara daring bagi mahasiswa serta pemberlakuan bekerja di rumah bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan IST AKPRIND Yogyakarta membuat beberapa jadwal pelayanan mahasiswa mengalami perubahan. Salah satunya adalah jadwal Perubahan KRS Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020. Untuk memberikan pelayanan maksimal kepada mahasiswa, Wakil Rektor bidang Akademik IST AKPRIND mengeluarkan surat edaran tentang perpanjangan masa perubahan KRS. Dalam surat edaran dengan Nomor: 001/SE/WRI/III/2020 tertanggal 19 Maret 2020 disebutkan bahwa Jadwal Perubahan KRS diperpanjang hinggal tanggal 26 Maret 2020. 

KULIAH ON LINE (17-30 MARET 2020)

0

Sehubungan adanya Surat Edaran Rektor Nomor 001/SE/Rek/III/2020 tentang Kesiapsiagaan dan Pencegahan COVID-19 di Lingkungan IST AKPRIND, maka bersama ini kami sampaikan perkuliahan akan dilaksanakan secara on line dengan memanfaatkan media daring.

Adapun pelaksanaan diserahkan sepenuhnya ke dosen pengampu matakuliah.

Untuk Informasi kuliah daring bisa di akses lewat laman kampus.akprind.ac.id 

Sedang informasi untuk Jurusan di lingkungan Fakultas Teknologi Industri bisa menghubungi Jurusan masing-masing

Hotline FTI: 082282677899

 

IST AKPRIND terbitkan Surat Edaran Rektor, atasi COVID-19

0

Penyebaran virus corona alias Covid-19 yang oleh pemerintah pusat disebut telah masuk ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta langsung disikapi oleh IST AKPRIND Yogyakarta. Minggu (15/3) siang, bertempat di Ruang Kerja Pimpinan IST AKPRIND, Rektor bersama dengan Wakil Rektor I (bidang Akademik)Wakil Rektor II (Bidang Administrasi Umum dan Keuangan), Wakil Rektor bidang III (bidang Kemahasiswaan, alumni dan kerjasama), Dekan Fakultas Teknologi Industri, Kepala BP3SI (Badan Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi) serta Kepala UPT P3MB (Pengembangan Promosi dan Penjaringan Mahasiswa Baru) menyelenggarakan rapat terbatas.

Pasca penyelenggarakan rapat terbatas tersebut, Rektor IST AKPRIND Yogyakarta dengan sigap langsung menerbitkan Surat Edaran tentang Kesiapsiagaan dan Pencegahan Covid -19 di lingkungan kampus.

 

 

Link and Match Kurikulum dengan PT IKAPERINDO

0

Bertempat di Auditorium Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, hari ini Rabu 11 Maret 2020 diselenggarakan acara Link and Match Perguruan Tinggi dengan Industri, menghadirkan 2 (dua) narasumber yaitu Komisaris PT Ikaperindo bapak Ir. Toharso, MM., dan bapak Suwarjo, ST selaku Direktur Utama PT Ikaperindo.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Pembina Potensi Pembangunan bapak Ir. H. Sagoro Wedi, MM, dalam kesempatanIr. H. Sagoro Wedy, MM. ini beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas kesediaan narasumber yang juga merupakan alumni dari IST AKPRIND hadir dan memberikan banyak masukan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa agar lebih mengenal dunia kerja.

Dalam sambutan lainnya oleh Rektor IST AKPRIND bapak Dr. Ir. Amir Hamzah, MT., disampaikan pula adanya acara ini merupakan sinergi antara alumni dan mahasiswa juga kampus agar kedepan kurikulum, materi pembelajaran juga kesiapan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja dapat lebih baik lagi. Link and match adalah penggalian kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja ke depan. Kurikulum dan sistem pendidikan terutama pendidikan tinggi di Indonesia sudah saatnya sesuai dengan kebutuhan kerja (link and match). Pasalnya, sampai saat ini lulusan pendidikan tinggi belum menjadi jaminan bisa memasuki pasar kerja dan dunia industri.

Dipandu oleh moderator bapak Beni Firman, ST., MEng. penyampaian sharing session berangsung sangat menarik. Dimulai dari paparan oleh bapak Suwarjo ST, yang menceritakan memulai usaha dari nol rupiah hingga saat ini bisa berkembang dan mampu bersaing dalam kancal industri nasional, selain itu juga menjelaskan bahwa PT Ikaperindo adalah perusahaan yang didirikan oleh para alumni dari IST AKPrIND Yogyakarta.

Acara selanjutnya disampaikan oleh bapak Ir. Toharso, MM., yang langsung melakukan dialog dengan mahasiswa berlangsung menarik, sekaligus nantinya diharapkan dapat menjaring mahasiswa agar dapat ikut bergabung dalam PT Ikaperindo. Disampaikan pula pada hakikatnya konsep link and match dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan tenaga kerja. Perguruan Tinggi perlu melakukan kerjasama sinergis dengan dunia kerja profesional agar relevansi pendidikan tinggi dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu tentunya dengan prinsip kerja dimana perguruan tinggi harus mampu memberikan keuntungan juga bagi dunia usaha (model manajemen win-win), jika akan melakukan program link and match.

 

 

Kunjungan ke Kantor Relawan Jurnal Indonesia

0

Pada hari Selasa 25 Februari 2020, Tim Pengelola Jurnal Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, mengadakan kunjungan ke Kantor Relawan Jurnal Indonesia Yogyakarta, Perumahan Sidorejo, Gg. Sadewa Nomor F15, Sonopakis Kidul, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul.

Pada kesempatan ini Ketua Tim Muhammad Sholeh, ST, MT. mengatakan maksud kunjungan ini memperkenalkan adanya pengelolaan Jurnal Ilmiah di IST AKPRIND yang bisa di akses secara online pada https://ejournal.akprind.ac.id juaga pada kesempatan ini disampaikan perkembangan pengelolaan jurnal yang ada di IST AKPRIND.

Kunjungan ini diterima oleh Pengelola Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Arbain SPd, MPd dan disampaikan kegiatan yang telah dilakukan selama ini oleh RJI, adanya kunjungan ini nantinya dapat mempererat hubungan antara IST AKPRIND khususnya pengelola jurnal dengan RJI.

Lebih lanjut disampaikan pula kedepan akan dilakukan penandatanganan kerjasama pengelolaan Jurnal dan pada kesempatan lain direncanakan pada akhir bulan Maret 2020 bertempat di IST AKPRIND akan diselenggarakan pertemuan pengelola jurnal seluruh Indonesia dengan mengangkat tema Pengelolaan Jurnal terindex DOAJ.

Acara pertemuan ini diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan cinderamata dari kedua pihak.

 

IST AKPRIND dan Gojek menjadi Narasumber Pertemuan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kulon Progo

0

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kulon Progo mengadakan pertemuan rutin setiap tahunnya selama 4 (empat) kali. Pertemuan pertama pada awal tahun 2020 kali ini diadakan di Sekretariat KIM Cornida, Pedukuhan Nganti RT 65, RW 28, Desa Hargotirto, Kapanewon Kokap. Selasa (18/2/2020).

Pada pertemuan pertama kali ini seperti biasanya dihadiri 33 orang anggota dari 11 KIM di Kulon Progo, dan masing-masing KIM mengutus 3 orang pengurusnya.

Kegiatan yang dilaksanakan secara bergiliran di masing-masing sekretariat KIM ini, mengadakan sosialisasi atau penyuluhan dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya sesuai dengan situasi dan kebutuhan KIM itu sendiri.

Menurut Kepala Seksi Pengeloaan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, Heri Budisantosa, pertemuan rutin KIM ini dalam rangka untuk lebih memberdayakan dan mengembangkan program-program KIM yang sudah berjalan selama ini.

“Kali ini kita sengaja mengundang narasumber dari GOJEK dan IST AKPRIND Yogyakarta, karena kita ingin KIM ini tidak hanya bergerak dalam penyebar luasan informasi secara monoton, tetapi kita harapkan anggota KIM juga bisa mengembangkan sayapnya dalam hal ekonomi bisnis melalui teknologi informasi dengan membuat konten-konten positif dan berinovasi untuk kepentingan anggota KIM itu sendiri dan juga masyarakat pada umumnya’’ terang Heri

Heri menambahkan, KIM ke depan hendaknya bisa mandiri, berpola pikir kreatif, inovatif, dan mampu berbagi dengan masyarakat sosial di lingkungannya tanpa mengabaikan keterlibatan Pemerintah Desa sebagai mitra dalam upaya membangun jaringan informasi yang lebih luas guna kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat khususnya.

Pada paparannya, narasumber dari Gojek, Saiful, menjelaskan, apabila KIM mau maju harus berpikir praktis, sederhana, strategis, dan bekerja keras dengan memanfaatkan media internet atau media on line untuk bersaing dalam bidang ekonomi digital ataupun informasi bisnis, yang pada gilirannya akan berdampak terhadap masyarakat luas. Seperti motto yang diterapkan pada Gojek yaitu, kecepatan, inovatif dan berdampak sosial.

“Gojek sangat terbuka untuk memberikan pelatihan dan kerjasama kedepan, apalagi dengan adanya Bandara baru di Kulon Progo pasti bisnis jasa transportasi dan informasi serta pengembangan ekonomi digital sangat laku dan dibutuhkan masyarakat.” Ujar Saiful

Pada kesempatan ini Saiful, menceritakan, Gojek lahir pada tahun 2010 hingga berkembang pesat pada tahun 2019 ini. Perkembangan ini tidak hanya dirasakan oleh perusahaanya, namun juga mampu mendorong ekomoni masyarakat. Selain itu Gojek juga mendukung adanya kegiatan yang sedang berkembang di masyarakat seperti KIM.

“Saya berharap KIM menjadi daya tarik serta harus menjadi tumpuan masyarakat, karena kami selalu membantu bergerak dalam bidang ekonomi digital. KIM harus peka terhadap potensi lokal yang ada di sekitarnya dengn harapa dapat memasarkan produk lokal dan mampu mendongkrak ekonomi banyak pihak. Berupayalah untuk mempromosikan produk yang belum laku disandingkan dengan produk yang sudah laku, dan tertib serta jeli dalam mengamati kapan produk itu laku dan kapan produk itu kurang laku” tutur Saiful.

Sementara itu, dari IST AKPRIND pada kesempatan ini disampaikan oleh Muhammad Sholeh, ST, MT., menyampaiakn kesiapan serta peran dosen-dosen untuk ikut serta mengembangkan kegiatan KIM, dan dilanjutkan penyampiian informasi 3 (tiga) orang narasumber dari IST AKPRIND dengan memaparkan tentang pemberdayaan KIM dan penyebarluasan informasi serta bisnis digital.

Joko Triyono, salah satu narasumber dari IST AKPRIND Yogyakarta, mengatakan, pihaknya siap mendampingi dan melakukan pelatihan untuk pemberdayaan KIM baik dari segi teknologi informasi, industri dan rancangan produk yang akan dikembangkan melalui ekonomi digital.

Kedua narasumber lainnya, Ruzar dan Agus yang juga Dosen AKPRIND, menyampaikan pentingnya bisnis ekonomi digital, karena bisnis hari ini bukan lagi bisnis konvensional, kita hanya perlu gambar, produk, kemasan, daya tarik dan share ke media sosial dan aplikasi lainya, sudah laku dan banyak mengundang konsumen.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS), Bambang Susilo, sangat berterimakasih kepada pihak Gojek dan AKPRIND yang sudah memberikan ilmu dan kiat-kiat sukses untuk pemberdayaan KIM. Ke depan diharapkan Gojek dan AKPRIND bersedia menjalin kerjasama yang intensif serta mendukung program-program KIM, sehingga KIM semakin maju dan berdaya guna bagi anggota dan masyarakat sekitar.

Selanjutnya, Ketua KIM Nyi Ageng Serang (NAS) Community Desa Tuksono, Sentolo, Zazin Sulaiman sangat antusias mengikuti sosialisasi ini, karena dia optimis KIM ke depan dapat menjalin hubungan sebagai mitra dengan Gojek ataupun AKPRIND.

Selanjutnya, ia berharap peran Gojek dan Perguruan tinggi IST AKRIND ini bisa lebih maksimal dalam membimbing dan mendampingi KIM untuk berkiprah dalam penyebaran informasi dan bisnis, sehingga KIM bisa mewujudkan masyarakat yang menjadi sumber informasi bagi masyarakat lainnya.

“Semoga saja KIM dapat berkerja sama dengan pihak ketiga lebih banyak dan semoga ke depan KIM dapat praktek langsung ke lapangan dengan apa yang disampaikan tadi sehingga KIM Kulon Progo menjadi jauh lebih maju” kata Zazin

Selain mewujudkan masyarakat yang bijak dalam memilih dan menyebarluaskan informasi, KIM berharap mampu membawa perubahan positif bagi masyarkat lainnya.

35 Lulusan berpredikat Cumlaude, IST AKPRIND Wisuda 153 Sarjana dan 16 Ahli Madya

0

Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta menyelenggarakan wisuda periode II Tahun Akademik 2019/2020 di Jogja Expo Center, Sabtu (18/1). Pada wisuda ini IST AKPRIND Yogyakarta meluluskan wisudawan sejumlah 169 orang lulusan yang terdiri dari 153 sarjana dan 16 Ahli Madya. Sebanyak 35 wisudawan S1 dan 7 wisudawan D3 berhasil lulus dengan predikat Cum Laude. Lulusan terbaik program sarjana, diraih oleh Efrat Natanael Nainggolan , dari program studi Teknik Geologi yang lulus dengan IPK 3,88 dan lulusan terbaik program D3 Muhammad Rajab Ranu Marjan dari Teknologi Elektronika yang lulus dengan IPK 3,81.

Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T dihadapan para wisudawan, orangtua dan tamu undangan mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di IST AKPRIND. Tidak ketinggalan, selaku pimpinan IST AKPRIND, rektor turut menyampaikan permohonan maaf kepada orang tua/wali apabila selama mendidik masih banyak kekurangan. Rektor juga berpesan bahwa meskipun wisuda merupakan tanda akhir tugas layanan IST AKPRIND kepada mahasiswa, tetapi wisuda bukanlah akhir dari masa belajar, namun justru awal masa belajar di kehidupan nyata. Sebagai lulusan IST AKPRIND, para wisudawan telah dibekali pengetahuan dan keterampilan berupa pengembangan potensi diri melalui kegiatan Tri Dharma dan berbagai kegiatan organisasi kemahasiswaan seperti BEM, HMJ atau UKM. Semoga ini menjadi bekal untuk terjun dan berkarya di tengah masyarakat.

Rektor mengungkapkan bahwa pada Agustus 2019 IST AKPRIND menduduki peringkat 105 untuk Klasterisasi Perguruan Tinggi, walaupun sebelumnya (tahun 2018) berada di peringkat 99. Pada September 2019, peringkat Kinerja kemahasiswaan IST AKPRIND mendapatkan peringkat 61. Pada 5 November 2019, Klusterisasi PT berdasar Kinerja pengabdian, IST AKPRIND naik status SANGAT BAGUS (peringkat 105), yang sebelumnya KURANG MEMUASKAN. Pada 19 November 2019, Kinerja Penelitian IST AKPRIND juga menunjukkan peningkatan dari status MADYA menjadi status UTAMA (Peringkat 94), dan Yang paling membanggakan pada 26 November 2019 IST AKPRIND menerima hasil akreditasi APT 3.0 dengan peringkat BAIK SEKALI, ini merupakan yang pertama di L2Dikti Wilayah 5 Yogyakarta, dan 1 dari 5 PT yang menerima status BAIK SEKALI pada gelombang pertama di Indonesia dengan Instrumen APT 3.0. Berbagai prestasi tersebut semoga semakin menambah percaya diri dan motivasi para dosen dan mahasiswa untuk terus berkarya, demikian juga para alumni baru IST AKPRIND untuk menunjukkan pada masyarakat akan kelayakan IST AKPRIND sebagai perguruan tinggi Sains dan Teknologi yang unggul serta favorit.