Home Authors Posts by fakultas teknologi industri

fakultas teknologi industri

44 POSTS 0 COMMENTS

HUT Kota Yogyakarta ke-264: Tumapak Ing Jaman Anyar

0

Hari ini, Rabu 7 Oktober 2020 Kota Yogyakarta memperingati hari ulang tahun atau HUT ke-264. Tahun lalu, ulang tahun Kota Yogyakarta berlangsung meriah lewat acara Jogja Symphony Orchestra, Malioboro Coffee Night, hingga atraksi Wayang Jogja Night Carnival. Namun tahun ini di masa pandemi Covid-19, peringatan ulang tahun dilakukan dengan cara berbeda.

Tumapak Ing Jaman Anyar yang artinya melangkah di jalan baru. Acara perayaan ulang tahun Kota Yogyakarta berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis, 7 – 8 Oktober 2020. Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti mengatakan wisatawan yang menanti keseruan perayaan HUT Kota Yogyakarta tahun ini tetap akan dihibur dengan suguhan berbagai agenda lewat daring.

Berbagai artis seperti Didik Nini Thowok, Elisha Orcarus Allasso, Anter Asmorotedjo, Lemari Lila, Pulung Jati Rangga, Gatot Danar akan mengisi pertunjukan daring kali itu. Masyarakat juga akan diajak mengikuti talkshow interaktif dengan tema Tumapaking Jaman Anyar pada program Gandhes Luwes yang menghadirkan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyudi, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, perwakilan pihak Keraton Yogyakarta Kanjeng Pangeran Hario (KPH) Notonegoro serta aktris Sekar Sari.

Dirgahayu TNI ke 75, Sinergi Untuk Negeri

0

HUT ke-75 TNI atau Dirgahayu ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) jatuh pada hari ini Senin 5 Oktober 2020. TNI pada tahun ini telah berusia 75 tahun. Terbentuknya TNI pada 5 Oktober 1945, atau baru sebulan lebih Indonesia Merdeka pada 17 Agustus 1945.

TNI yang lahir pada 5 Oktober 1945 ini awalnya merupakan organisasi yang bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR). Pada tanggal tersebut, BKR berganti nama menjadi Tentara Keamanan Rakyat lalu diubah lagi menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). Setelah itu, Presiden Soekarno pada 3 Juni 1947 mengesahkan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara resmi.

Pengesahan itu dilakukan untuk mempersatukan TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat.

Upacara peringatan tersebut akan diselenggarakan secara virtual di kediaman istana kepresidenan. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia bisa menyaksikan gelaran upacara peringatan HUT TNI ke-75 melalui live streaming kanal Youtube Sekretariat Presiden yang akan dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Banyak sekali ucapan selamat dari pengguna Twitter, termasuk Presiden Joko Widodo melalui akun pribadinya.

“Di tengah pandemi ini, para prajurit TNI tetap menjadi tentara profesional dan kebanggaan rakyat. TNI membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegakkan aturan PSBB di daerah yang menerapkan, juga menjalankan operasi kemanusiaan.

Dirgahayu TNI,” tulis @jokowi pada 5 Oktober 2020.

Dirgahayu TNI ke 75 “Sinergi Untuk Negeri.” Tulis @Kemhan_RI

 

Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020.

0
Sebagai generasi penerus janganlah kita melupakan sejarah. dengan memperingati hari kesaktian pancasila, kita kokohkan persatuan dan kesatuan guna mewujudkan Bangsa Indonesia yang berkarakter.

Mari terus tanamkan semangat demokrasi untuk mewujudkan nilai Pancasila sebagai kepribadian bangsa dengan mengingat pentingnya sejarah sebagai pondasi dan landasan dasar bernegara. untuk itu mari bersama kita rawat dan jaga keutuhan, kesatuan bangsa demi terwujudnya keadilan yang merata dan kedamaian bersama.

Harapan kita bersama Pancasila dan UUD 1945 tetap sakti dan Merah Putih tetap berkibar di bumi Pertiwi dalan bingkai NKRI.
Selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020.

 

 

WISUDA IST AKPRIND SEPTEMBER 2020 DENGAN SUASANA BERBEDA

0
Sebanyak 191 wisudawan IST AKPRIND yang terdiri 69 lulusan periode Mei 2020 dan 122 lulusan periode September 2020 diwisuda secara bersamaan, di Auditorium IST AKPRIND Yogyakarta, Sabtu (26/9). Wisuda IST AKPRIND digelar dengan protokol kesehatan ketat dan hanya dihadiri Wisudawan, ketua jurusan dan Senat Akademik IST AKPRIND tanpa menghadirkan orangtua dan tamu undangan lain. Hal tersebut sebagai upaya pencegahan timbulnya klaster baru penyebaran wabah Covid-19. Selain itu, pelaksanaan wisuda juga dibagi menjadi 2 sesi untuk menghindari adanya kerumunan, yaitu sesi pagi yang diikuti oleh 100 wisudawan dan sesi kedua yang diikuti oleh 91 wisudawan.

Lulusan terbaik program sarjana periode September 2020 diraih oleh Laela Qodar Dwi Jayanti , dari program studi Informatika yang lulus dengan IPK 3,97 dan lama studi 4 tahun. Sementara lulusan terbaik program Diploma 3, Sufi Rodhiyah dari program studi Teknologi Industri yang lulus dengan IPK 3,89 dan lama studi 3 tahun.

Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., atas nama pimpinan dan sivitas akademika IST AKPRIND mengucapkan selamat kepada para lulusan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di IST AKPRIND. Serta terima kasih kepada keluarga, khususnya para orangtua/wali atas kepercayaannya kepada IST AKPRIND dan kerjasama yang baik selama ini, sehingga para putra-putrinya berhasil lulus dalam menempuh studinya. Rektor juga menyampaikan permohonan maaf kepada para orang tua wali karena dalam menyelenggarakan wisuda kali ini tidak dapat mengundang para orang tua/wali karena harus memenuhi protokol pencegahan covid-19. Bahkan dalam wisuda ini juga tidak dapat mengundang seluruh dosen dan undangan lain. Mudah-mudahan kondisi ini dapat dimaklumi dan tidak mengurangi kebahagiaan para wisudawan dalam mengikuti acara ini, tambahnya. Untuk memberikan kesempatan kepada keluarga dan masyarakat yang ingin menyaksikan kegiatan tersebut, penyelenggaraan wisuda juga disiarkan secara live streaming di Link https://www.youtube.com/watch?v=4KOeXRhtB1Q&ab_channel=ISTAKPRINDOFFICIAL

Dalam sambutannya, Rektor IST AKPRIND berpesan kepada para wisudawan sebagai intelektual muda yang akan segera terjun ke masyarakat akan menghadapi realitas negeri kita yang saat ini sedang menghadapi berbagai problem multi dimensi. Di tengah pandemi yang belum menunjukkan tanda-tanda berhenti, berbagai persoalan masih melanda negeri kita, mulai masalah hukum, politik dan sosial, bahkan kondisi ekonomi yang diancam resesi. Dampak wabah corona-19 yang melanda seluruh dunia menyebabkan berbagai sektor ekonomi mengalami pukulan keras yang menyebabkan PHK dan pengangguran yang makin meningkat. Rektor berharap para wisudawan tak perlu sedih dan bingung menghadapi kondisi ini. Dengan bekal intelektual, bekal spiritual, keimanan dan ketaqwaan, sesulit apapun kondisi yang kita hadapi, tambah Rektor. Para wisudawan harus tetap menggunakan sains dan teknologi untuk senantiasa dalam kejujuran dan kebenaran, pungkasnya.

Masa Orientasi Mahasiswa SASIDIWA 2020

0

Masa orientasi studi mahasiswa dan pengenalan kampus (SASIDIWA) merupakan salah satu agenda rutin IST AKPRIND sebagai wahana untuk menjembatani proses transisi mahasiswa baru guna memperoleh kesiapan yang memadai khususnya dalam mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi yang sangat berbeda dengan pendidikan di Sekolah Menengah.
Untuk tahun ini Sasidiwa dilakukan secara daring hal ini tidak lain sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19. Rabu, (23 September 2020) merupakan hari terakhir rangkaian acara sasidiwa 2020. Acara berjalan dengan lancar, Calon mahasiswa baru yang datang dari berbagai daerah mengikuti acara dengan antusiasme yang tinggi, mengikuti setiap sesi acara dengan baik dan memperhatikan narasumber dengan seksama. Agar materi yang diberikan kepada mahasiswa baru sesuai dengan target yang diharapakan, IST AKPRIND menggandeng pemateri dari Kepolisian Daerah (POLDA) DIY, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY, Akademi Angkatan Udara (AAU) hingga Entrepreneur kondang Jogjakarta Saptuari Sugiarto, serta beberapa pemateri internal yang berasal dari Dosen maupun Tenaga Kependidikan IST AKPRIND. Sasidiwa 2020 IST AKPRIND mengangkat tema Membimbing Cendekiawan Muda Sainstek Menghadapi Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Sasidiwa 2020 secara umum bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus.
acara sasidiwa ini berakhir diharapkan calon mahasiswa dapat Memahami dan mengenali lingkungan barunya, terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan, Meningkatnya kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air dalam diri mahasiswa baru, Memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuhnya dan pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, dan Terciptanya persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan.

Pemberitahuan Awal Kuliah Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021

0

Berdasartan Surat Edaran Rektor nomor : 0l3iSE/Rel</VIM020 tentang Pelaksanaan
Perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 202012021, bahwa kegiatan belajar-
mengajar/perkuliahan akan dilaksanakan secara dari[g (online) menggunakan Learning
Management System (LLff). Adapun tanggal- tanggal perkuliahan sebagai berikut:

  1. Perkuliahan : 28 September 2020 s/d 29 Januari 2021
  2. Ujiantengah semester : 23 November s/d 02 Desember 2020
  3. Kuliah pengganti : 16, 17 November 2020 dan 25 Januari 2021
  4. Ujian akhir semester : 03 s/d 11 Februari 2021

Agar pelaksanaan perkuliahan dengan menggun akm Learning Management System (LluB)
dapat berjalan dengan tertib dan lancar dimohon partisipasi aktif dari Bapak/Ibu.
Demikian pemberi tahuan disampaikan, atas perhatian dan . kerjasama Bapak/Ibu diucapkan
terima kasih.

 

Protokol Kedatangan Mahasiswa Luar DIY ke Kota Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19

0

Dalam rangka menerima kedatangan mahasiswa dari luar daerah yang tinggal di wilayah Kota Yogyakarta pada masa Tatanan Kenormalan Baru (New Normal), perlu dilakukan pengaturan kegiatan dimaksud dengan menyesuaikan penerapan protokol kesehatan untuk antisipasi penularan penyebaran Corona Virus Disease yang selanjutnya disebut Covid-19.

Setiap Mahasiswa IST AKPRIND yang akan kembali ke Kota Yogyakarta diwajibkan untuk :

  1. Memindai QR Code “Kuliah Lagi” sesuai dengan kampusnya. scan QR Code di bawah
  2. Mengirimkan pesan Whatsapp yang dihasilkan dari pemindaian QR Code “Kuliah Lagi”.
  3. Melengkapi Profil pada isian DATA MAHASISWA, mengisi SCREENING MANDIRI dan mengupload hasil RDT/Swab Test.
  4. Rapid Test/Swab Test dilakukan di daerah asal sebelum kembali ke Kota Yogyakarta.
    Setelah semua form terisi, maka QR Code Pribadi akan terbentuk.
  5. Tunjukkan QR Code Pribadi ke Ketua RT/Kepala Asrama/Induk Semang pada saat kembali ke Kota Yogyakarta.
  6. Pindai QR Code Ketua RT/Kepala Asrama sebagai bukti lapor diri telah kembali ke Kota Yogyakarta.
  7. Pindai QR Code Kampus sebagai bukti lapor diri telah kembali beraktivitas di Kampus melalui kunjungan.jogjakota.go.id.

 

Download SE Walikota Yogyakarta

Download Buku Petunjuk Kedatangan Mahasiswa

Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri IST AKPRIND Yogyakarta Terima Program Bantuan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM)

0

Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri, serta Teknik Lingkungan dari Fakultas Sains Terapan, IST AKPRIND menerima  Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar –Kampus Merdeka (MBKM). Dari jumlah proposal yang diterima Direktorat Beimawa sebanyak 1668 dari 324 perguruan Tinggi dan yang lolos dan menerima bantuan MBKM sebanyak 605 proposal dari  184 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Mahasiswa memiliki kesempatan mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam program Studi dan di luar program studi (Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1). Berdasarkan pasal tersebut, maka dilaksanakan kerjasama kurikulum Merdeka Belajar –Kampus Merdeka (MBKM) yang antara lain meliputi pertukaran pelajar, magang/praktik kerja, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian/riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi/proyek independen, dan kegiatan membangun desa/kuliah kerja nyata tematik.

Dengan adanya program bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar –Kampus Merdeka (MBKM), salah satunya diharapkan agar menghasilkan pengalaman baik (good practices) di Perguruan Tinggi dalam menyusun dan mengimplementasikan kurikulum program MBKM yang memiliki capaian pembelajaran lulusan sesuai dengan KKNI dan SN_Dikti.

PMB IST AKPRIND hingga 30 September 2020

0

IST AKPRIND Yogyakarta merespon masih tingginya animo masyarakat yag ingin bersekolah ke jenjang Pendidikan Tinggi. Salah satunya dengan memberikan kesempatan untuk bergabung sebagai mahasiswa baru. Pendaftaran mahasiswa baru IST AKPRIND akan dibuka hingga 30 September 2020 mendatang.

Pandemi Covid 19 memaksa para calon mahasiswa baru yang ingin menjadi mahasiswa IST AKPRIND melakukan proses pendaftaran hingga secara sah tercatat sebagai mahasiswa baru dengan bukti Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dilakukan secara daring. Sehingga proses-proses pendaftaran yang sebelumnya merupakan gabungan antara pendaftaran secara daring dan daftar ulang dan tes kesehatan secara konvensional di kampus, saat ini beralih ke daring semuanya. Hal ini mengakibatkan beberapa calon mahasiswa baru yang telah selesai mendaftar namun hingga saat ini belum memiliki NIM, karena masih terdapat tahapan yang belum dilakukan.

Untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendaftar sebagai mahasiswa baru, melengkapi berkas pendaftaran maupun daftar ulang, IST AKPRIND membukan pendaftaran mahasiswa baru hingga akhir bulan ini.
Beberapa Studi yang menjadi pilihan bagi mahasiswa baru saat ini antara lain:

  1. Teknik Kimia (S1)
  2. Teknik Industri (S1)
  3. Teknik Mesin (S1)
  4. Teknik Elektro (S1)
  5. Informatika (S1)
  6. Statistika (S1
  7. Rekayasa Sistem Komputer (S1)
  8. Teknik Geologi (S1)
  9. Teknik Lingkungan (S1)
  10. Bisnis Digital (S1) (dalam proses terakreditasi)
  11. Teknik Mesin (D3)
  12. Teknologi Industri (D3)
    Dengan terakreditasi institusi “Baik Sekali” dan seluruh Program Studi terakreditasi B membuktikan bahwa IST AKPRIND telah melakukan penjaminan mutu sehingga sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah disyaratkan oleh pemerintah.

Untuk pendaftaran mahasiswa baru bisa dilakukan via link pmb.akprind.ac.id