Home Authors Posts by ftiadmin

ftiadmin

68 POSTS 0 COMMENTS

Joint Worksop Jurnal Online

0

bertempat di ruang sidang FTM pada hari Jumat 29 November 2019, berlangsung Joint Workshop dengan seluruh pengurus jurnal on line yang ada di Institut Sains & Teknologi AKPRIND. Hadir sebagai pemateri I Gde Sukadana M.Eng (Badan tenaga Atom Nasional).

Adanya workshop ini nantinya diharapkan seluruh jurnal online yang ada di IST AKPRIND dapat dikelola lebih baik lagi, profesional dan adanya pengelollan yang baik tentunya

Materi pertama menjelaskan tentang pentingnya jurnal elektronik berbasis sehingga untuk menjadi jurnal yang baik, maka pengelola jurnal harus dapat menginformasikan secara jelas petunjuk penulisan, etika publikasi dan kebijakan proses naskah. Hal tersebut harus sudah ada di laman website masing-masing jurnal, sehingga penulis bisa membaca dan memahaminya, apalagi untuk keperluan indeksasi.


Pendampingan Pelatihan Guru-Guru SMK Negeri 2 Magelang bersama IST AKPRIND Yogyakarta

0

Sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma PT, FTI – IST AKPRIND melakukan pendampingan kepada Guru-guru SMKN 2 Magelang memberikan pelatihan penulisan naskah jurnal ilmiah. Sebagai komitmen FTI pada “Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan”, kata Menteri Pendidikan Indonesia, Nadiem Makarim, dalam sambutannya pada Hari Guru Nasional tahun 2019. Sekolah menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapasitas dan kemampuan SDM Guru di Bidang Sains dan Teknologi, khususnya pendampingan Penulisan Tindakan Kelas/PTK dan penulisan naskah untuk publikasi. Dalam kegiatan ini mitra kerjasama dengan 3 perguruan tinggi; Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, Univ. Amikom, dan Univ. Muria Kudus. Kolaborasi yang luar biasa sebagai upaya sekolah untuk meningkatkan SDM para guru. Dari IST AKPRIND menampilkan pembicara Dr. Suwanto Raharjo, Dr. Edhy Sutantha, Catur Iswahyudi. M.Kom, dan Dr. Toto Rusianto.

Kegiatan Robotik di SMK 1 Blora

0

Selama 1 hari pada tanggal 1 November 2019, Tim Robotik dari Jurusan Teknik Elektro IST AKPRIND Yogyakarta mengadakan kegiatan pelatihan Robotik untuk kelas X dan XI SMK Muhammadiyah1 Blora. Dalam kesempatan ini disampaikan oleh Sigit Priyambodo, ST.,MT. selaku ketua Tim menyampaikan maksud kunjuangnnya yaitu mengenalkan Ilmu robotika merupakan gabungan dari tiga konsep ilmu, yaitu : elektronika, mekanika dan komputer pemrograman didampingi oleh anggota tim Beny Firman, S.T., M.Eng. serta 2 (dua) orang mahasiswa dari UKM Robotika.
Kepala sekolah SMK Muhammadiyah 1 Blora Drs. Salamun menyambut dengan antusias atas terselenggaranya kegiatan ini. Umumnya siswa sangat antusias dalam mengikuti pelatihan karena materi yang diberikan lebih banyak praktek dan hanya menyinggung sedikit teori dasar, pelatihan juga dapat memberikan pengetahuan dasar tentang robotika.
Acara ini kegiatan pelatihan Robotik diikuti seluruh siswa kelas X dan XI. dalam rangka untuk menimba ilmu serta meningkatkan kualitas perakitan pada bidang ilmu robotika. Untuk tahap awal, para peserta pelatihan mendapat pengenalan komponen robotika seperti: Baterai, Motor DC, Rangkaian kontroldan hasil yang diperoleh dari kegiatan ini siswa dapat merakit robot soccer yg dikendalikan dengan smartphone android

Rakernas Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) 2019

0

Dekan Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta Toto Rusianto menghadiri Rakernas Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI), yang dilaksanakan di Grand Jatra Hotel Balikpapan Kalimantan Timur pada tanggal  9 November 2019. Pada rakernas FDTI tersebut pihak penyelenggara yang ditunjuk adalah dari Universitas Balikpapan Kalimantan Timur dalam hal ini Dekan Fakultas Teknologi Industri Uniba Dr. Ir. Isradi Zainal, MT, MH, MM, DESS, IPU., Asean Eng.

Beberapa agenda penting dalam rakernas tersebut antara lain:

  1. Pembahasan anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga FDTI
  2. Kerjasama bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
  3. Sumbang saran terkait Ibukota baru Negara Republik Indonesia di wilayah Kalimantan Timur.

Dalam acara tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum FPDTI 2019/ 2021, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., IPM., Asean Eng, beserta pengurus lainya antara lain Wakil Ketua Umum, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT., Ph.D, Sekretaris Jenderal, Dr. Ir. Isradi Zainal, MT, MH, MM, DESS, IPU., Asean Eng, Wakil Sekjen, Dr. Ir. Zakir Sabara, ST, MT,., IPM., Asean Eng, Bendahara, Ir. Seri Maulina, M.Sc., Ph.D dan Wakil Bendahara, Dr. Eng. Ir. Andi Rusdin, ST., M.Eng. Ketua Wilayah Timur, Dr. Ir. M. Arsyad Thaha, MT, Ketua Wilayah Tengah, Dr. Ir. Hendri Budiono, M.Eng dan Ketua Wilayah Barat, Dr. Ir. Ari Sandyavitri, M.Sc. Acara penutup dilakukan bersamaan dengan makam malam bersama yang diselenggarakan oleh Rendi Susiswo Ismail, S.E., S.H., M.H. selaku Ketua Badan Pembina Yapenti DWK, Yayasan yang menaungi Uniba. Harapan ke depan FDTI dapat memberikan kontribusi terbaiknya untuk kemajuan Negara Indonesia.

Masa Orientasi Studi Mahasiswa Baru 2019

0

Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah M.T, mengungkapkan bahwa dari 20 juta pemuda Indonesia usia pendidikan tinggi. Dari jumlah tersebut hanya 34% yang mampu mengenyam pendidikan pada level pendidikan tinggi. Sehingga pemuda yang mampu menempuh pendidikan tinggi harus bersyukur dan memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya. Hal tersebut diungkapkan saat menjadi inspektur upacara pembukaan Masa Orientasi Studi Mahasiswa (SASIDIWA) IST AKPRIND tahun 2019 dihalaman Kampus I, Senin (16/9).

Rektor menyampaikan bahwa pendidikan di bidang sains dan teknologi merupakan bagian penting dalam kemajuan suatu bangsa. Hal ini karena pada era global seperti sekarang ini kemandirian suatu bangsa, maju mundurnya suatu bangsa banyak ditentukan oleh sejauh mana bangsa tersebut menguasai sains dan teknologi. Jepang dan Korea yang tidak memiliki lahan dan sumber daya alam, mampu mandiri bahkan menjadi pemasok produk-produk teknologi modern karena menguasai teknologi. Sehingga negara Indonesia dengan lahan yang luas, penduduk yang banyak dan sumber daya alam yang kaya, harus mampu mengejar ketinggalan dari bangsa-bangsa lain. Negeri ini membutuhkan agen-agen perubahan di bidang sains dan teknologi yang memiliki kepekaan dan komitmen tinggi untuk mengawal kemajuan bangsa dan negara. Agar masyarakat Indonesia tidak menjadi pasar dan konsumen saja dari produk-produk teknologi dari berbagai negara.

Terpisah, Ketua panitia SASIDIWA, Rydwan Illahi menyampaikan bahwa SASIDIWA merupakan agenda IST AKPRIND sebagai sarana untuk menjembatani proses transisi mahasiswa baru agar siap untuk mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi yang sangat berbeda dengan pendidikan di Sekolah Menengah. Dengan mengangkat tema “Membangun Generasi Muda berjiwa Kepemimpinan, kekeluargaan dan NAsionalisme melalui Organisasi”, Rydwan berharap mahasiswa baru memanfaatkan momen SASIDIWA ini untuk berproses melalui organisasi. Sasidiwa diselenggarakan hingga selama tiha hari hingga Rabu (18/9). Dalam pelaksanaannya peserta diajak mengenal lebih jauh IST AKPRIND baik sarana prasarana maupun teknis pelaksanaan kegiatan akademik dan non akademik. Selama kegiatan, Rydwan menjamin bahwa peserta SASIDIWA jauh dari unsur kekerasan fisik maupun non fisik.(tdj)

SHARE FacebookTwitter

Pergantian Kepala Laboratorium SIPPO

0

Untuk menghadapi tnatangan kedepan yang semakin kompleks juga kebutuhan akan informasi teknologi yang semakin maju dituntut dedikasi dan tantangan untuk maju, demikian disampaikan oleh Ir. Muhammad Yusuf, MT., mewakilil Dekan Fakultas Teknologi saat penyerahan SK Kepala Laboratorium SIPPO kepada Agus Hindarto Wibowo, S.T., M.Sc.

Pada kesempatan ini juga disampaikan ucapan terimakasih kepada Ir. Risma Adelina Simanjuntak selaku kepala Lab. SIPPO periode sebelumnya. Acara serah terima jabatan kepala Laboratorium ini disaksikan oleh Ketua Jurusan juga seluruh dosen dilingkungan Jurusan Teknik Industri


Pada kesempatan ini juga disampaikan ucapan selamat kepada Argaditia Mawadati ,S.T., M.Sc. yang telah mendapatkan SK sebagai Dosen Tetap Jurusan Teknik Industri. Penyerahan SK Dosen Tetap Yayasan disampaikan oleh Ketua Jurusan kepada dosen yang bersangkutan

Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Internasional, hadirkan Dosen Universiti Pahang Malaysia

0

Menulis karya ilmiah untuk dipublikasikan pada Jurnal Internasional ber-reputasi merupakan salah satu tugas dan kewajiban bagi semua dosen. IST AKPRIND, kali ini menyelenggarakan Pelatiha Penulisan Artikel Internasional bertempat di Ruang Sidang Utama, Kamis-Jum’at (20-21/6), diikuti 40 orang dosen dari 3 Fakultas.

Hadir sebagai pemateri dalam Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Internasional adalah Professor Dr. Rizalman Mamat (Faculty of Mechanical Engineering) dan Dr. Mohd Sahrir Mohd Sani, Deputy Director AEC (Automotive Engineering Centre). Kedua narasumber tersebut merupakan pengajar di Universitas Malaysia Pahang (UMP). Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., saat membuka pelatihan tersebut berharap agar dalam pelatihan terebut benar-benar mampu dimanfaatkan oleh para dosen IST AKPRIND. Sehingga mampu memberikan pencerahan dan wawasan cara menulis ilmiah yang baik agar dosen tidak gamang dan ragu-ragu untuk mengirimkan tulisan ilmiahnya ke jurnal Internasional bereputasi.

Ketua Panitia kegiatan, Dr. Muchlis, SP., M.Sc, yang juga menjabat sebagai Kepala Divisi Urusan Internasional IST AKPRIND mngungkapkan bahwa pelatihan penulisan artikel jurnal internasional merupakan salah satu bentuk tindaklanjut kerjasama internasional antara IST AKPRIND dan Universiti Malaysia Pahang. Sebelumnya, dosen IST AKPRIND, Ellyawan SA, S.T., M.Sc., Ph.D juga pernah mendapatkan kehormatan untuk menjadi Guest Lecture dihadapan mahasiswa Universiti Pahang malaysia pada tahun 2017.

Syawalan Keluarga Besar IST AKPRIND 1440 H

0

Secara etimologi kata syawal berarti peningkatan. Sebab hal tersebut merupakan target umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa untuk meningkat menjadi orang yang bertakwa, sehingga setelah Ramadhan orang-orang yang beriman mengejar target untuk meraih derajat ketakwaan. Sehingga setelah Ramadhan, kualitas dan kuantitas ibadah serta pribadinya mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya keimanan. Demikian disampaikan oleh mantan Rektor UMY, Ustadz Dr. H. Khoiruddin Bashori M.Si, saat memberikan tausyahnya dalam Syawalan dan Halal Bi Halal keluarga besar IST AKPRIND, di Auditorium kampus I, Senin (11/6)

Dr. H. Khoiruddin Bashori M.Si menambahkan, setelah dilatih secara lahir batin selama satu bulan penuh pada bulan Ramadhan, semestinya kualitas ibadah manusia bertambah, namun yang terjadi pada sebagian masyarakat justru sebaliknya. Umat merasa terlepas dari batasan-batasan serta larangan yang ada selama di bulan Ramadhan. Sehingga bukan peningkatan keimanan pada bulan syawal namun yang terjadi justru peningkatan berat badan, candanya. Juga disampaikan ada beberapa tingkatan manusia yaitu, Level 1, orang bodoh, cirinya terlalu banyak mengeluh jika menghadapi masalah, terlalu banyak komentar, suka marah; Level 2: Al muta’alim, mau belajar, bersabar, bisa menahan diri; Level 3: Assyabiq, ingin selalu menjadi juara dlm kebaikan. Cirinya, orang sudah menikmati kesulitan akan bisa mengubah kesulitan menjadi tantangan, apapun kesulitan yang dijumpai dinikmati dengan gembira. Kunci utama selepas bulan Ramadhan, adalah mampu mengendalikan nafsu syahwat, ujarnya.

Sementara pada kesempatan tersebut Rektor IST AKPRIND, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., mewakili Keluarga Besar IST AKPRIND baik pegawai, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, menyampaikan permohonaan maaf kepada Yayasan Pembina Potensi Pembangunan selaku Badan Penyelenggara IST AKPRIND serta masyarakat apabila dalam menjalankan amanah-amanah yang dibebankan kepada IST AKPRIND masih banyak terdapat kekurangan serta kesalahan. Rektor juga menyampaikan bahwa puasa ramadhan yang telah dilalui merupakan latihan rohani, latihan kesabaran dan keikhlasan. Yang seharusnya mampumenjadikan  pribadi yang  meningkat taqwanya, yang bermakna pula meningkat kesabarannya, meningkat etos kerjanya dan terlebih adalah meningkat semangat hidupnya. Rektor berharap dengan syawalan ini, ikatan-ikatan persaudaraan yang merenggang karena kekhilafan dan kesalahan dapat dijalin kembali,  dapat lebih direkatkan lagi, sehingga IST AKPRIND menjadi suatu tim yang kompak untuk bekerja memajukan lembaga yang kita cintai ini. Kita sadar bahwa tantangan-tantangan lembaga kita ke depan akan semakin berat menghadapai persaingan lembaga pendidikan tinggi  yang semakin bersaing bebas. Syawalan dan halal bi halal keluarga besar IST AKPRIND di akhiri dengan bersalam-salaman  dan ramah tamah bersama.