Home Authors Posts by ftiadmin

ftiadmin

72 POSTS 0 COMMENTS

LOMBA KARYA ILMIAH SISWA 2020

0

 

Ayo Daftarkan Segera !!!

DAFTAR LKIS

Tim “Surveillance” LLDIKTI Wil V, Evaluasi Kinerja IST AKPRIND

0

Pimpinan IST AKPRIND beserta didampingi Ketua Yayasan Pembina Potensi Pembangunan selaku badan penyelenggara IST AKPRIND menerima kehadiran tim surveillance dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah V Yogyakarta, Kamis (5/12). Tim surveillance yang bertugas melakukan evaluasi kinerja Perguruan Tinggi Swasta terdiri dari dua orang tim pakar dan dua orang tim teknis. Hadir sebagai Tim pakar LLDIKTI Wilayah V adalah Prof. Dr. Nursamsi Pusposendjojo, M.Sc. dan Prof. Dr. Ema Utami, S.Si., M.Kom. serta Sigit Wisnubroto, S.H. dan Eko Yuwono, S.T. sebagai tim Teknis.

Pada pertemuan yang diselenggarakan di Ruang Kerja Pimpinan tersebut, pimpinan IST AKPRIND turut didampingi oleh seluruh Ketua Program Studi, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu serta kepala Badan Perencanaan, Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi (BP3SI) sebagai penanggung jawab pangkalan data pendidikan tinggi. Kehadiran tim surveillance dari LLDIKTI wilayah V Yogyakarta ke IST AKPRIND merupakan dalam rangka tugas pengawasan, pengendalian dan pembinaan perguruan tinggi swasta di lingkungan LLDIKTI wilayah V.

Selepas pertemuan dengan pimpinan perguruan tinggi, ketua YPPP serta ketuan jurusan, Tim surveillance LLDIKTI wilayah V juga melihat langsung proses belajar mengajar di ruang kelas serta mengunjungi perpustakaan IST AKPRIND. (tdj)

Kunjungan Pengurus Yayasan AR Baswedan

0

ayasan AR Bawedan merupakan Yayasan yang dibentuk sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan manusia Indonesia atau warga bangsa dan keharusan upaya bersama mencerdaskan kehidupan bangsa, serta dengan inspirasi jejak langkah perjuangan A.R. Baswedan. Teladan A.R. Baswedan diharapkan menjadi inspirasi, bahan pembelajaran dan sekaligus motivasi bagi siapapun, untuk senantiasa meletakkan kepentingan bangsa dan negara jauh di atas kepentingan diri sendiri.

Kedatangan pengurus yayasan AR Baswedan diterima oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah, M.T., beserta Wakil Rektor bidang Akademik, Drs. Yudi Setyawan, MS, M.Sc, Wakil Rektor bidang Adminitrasi Umun dan Keuangan, Muhammad Sholeh, S.T., M.T serta Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Ir. Joko Waluyo, M.T. Sementara dari Yayasan AR Baswedan hadir Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si selaku ketua Dewan Pembina Yayasan, serta jajaran pimpinan yayasan seperti Drs. Bambang Haryanto, Wahyudi, M.Si dan Syamsudin, MA.

Dalam kesempatan tersebut, selain sebagai sarana silaturahmi juga dibahas beberapa hal. Seperti kemungkinan adanya jalinan kerjasama antara yayasan AR Baswedan dengan IST AKPRIND. Pada silaturahmi tersebut pihak yayasan AR Baswedan juga berkesempatan menyerahkan buku Biografi AR Baswedan

Joint Worksop Jurnal Online

0

bertempat di ruang sidang FTM pada hari Jumat 29 November 2019, berlangsung Joint Workshop dengan seluruh pengurus jurnal on line yang ada di Institut Sains & Teknologi AKPRIND. Hadir sebagai pemateri I Gde Sukadana M.Eng (Badan tenaga Atom Nasional).

Adanya workshop ini nantinya diharapkan seluruh jurnal online yang ada di IST AKPRIND dapat dikelola lebih baik lagi, profesional dan adanya pengelollan yang baik tentunya

Materi pertama menjelaskan tentang pentingnya jurnal elektronik berbasis sehingga untuk menjadi jurnal yang baik, maka pengelola jurnal harus dapat menginformasikan secara jelas petunjuk penulisan, etika publikasi dan kebijakan proses naskah. Hal tersebut harus sudah ada di laman website masing-masing jurnal, sehingga penulis bisa membaca dan memahaminya, apalagi untuk keperluan indeksasi.


Pendampingan Pelatihan Guru-Guru SMK Negeri 2 Magelang bersama IST AKPRIND Yogyakarta

0

Sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma PT, FTI – IST AKPRIND melakukan pendampingan kepada Guru-guru SMKN 2 Magelang memberikan pelatihan penulisan naskah jurnal ilmiah. Sebagai komitmen FTI pada “Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan”, kata Menteri Pendidikan Indonesia, Nadiem Makarim, dalam sambutannya pada Hari Guru Nasional tahun 2019. Sekolah menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapasitas dan kemampuan SDM Guru di Bidang Sains dan Teknologi, khususnya pendampingan Penulisan Tindakan Kelas/PTK dan penulisan naskah untuk publikasi. Dalam kegiatan ini mitra kerjasama dengan 3 perguruan tinggi; Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, Univ. Amikom, dan Univ. Muria Kudus. Kolaborasi yang luar biasa sebagai upaya sekolah untuk meningkatkan SDM para guru. Dari IST AKPRIND menampilkan pembicara Dr. Suwanto Raharjo, Dr. Edhy Sutantha, Catur Iswahyudi. M.Kom, dan Dr. Toto Rusianto.

IST AKPRIND dan Wantiknas Selenggarakan FGD TIK

0

IST AKPRIND bekerjasama dengan Dewan TIK Nasional (Wantiknas) menyelenggarakan Focus Group Disussion (FGD) dalam rangka merumuskan kebijakan umum dan arahan strategis pembangunan nasional, melalui pengembangan teknologi informasi dan komunikasi termasuk infrastruktur, aplikasi dan konten. FGD yang mengangkat tema “Isu Strategis Program TIK Tahun 2020” tersebut diselenggarakan di Eastparc Hotel Yogyakarta, Selasa (19/11). Dalam FGD ini menghadirkan Keynote Speaker Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D, tim pelaksana Dewan TIK Nasional serta Dr. Suwanto Raharjo, S.Si, M Kom yang hadir sebagai pembicara 1.

Perkembangan TIK sangat mempengaruhi pola kehidupan suatu negara. Ini dibuktikan dengan peran strategis dalam mendorong terciptanya daya saing secara global serta menyejahterakan bangsa. Penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis TIK masih memiliki hambatan, dilihat dari beberapa permasalahan seperti pelayanan publik terintegrasi, duplikasi investasi TIK dan lemahnya koordinasi. Munculnya perusahaan rintisan (startup) yang beberapa diantaranya telah masuk dalam perusahaan rintisan unicorn belum diimbangi dengan supply talenta digital yang handal. SDM dengan keterampilan mumpuni dibidang TIK menjadi aset terpenting dalam perusahaan rintisan untuk menghasilkan inovasi dan kreativitas agar mampu bertahan dan bersaing. Berdasarkan data McKinsey Indonesia diproyeksi kekurangan talenta digital sebesar 600.000 per tahun. Sehingga perlu dirumuskan kebijakan umum dan arahan strategis pembangunan nasional melalui pengembangan teknologi informasi dan komunikasi termasuk infrastruktur, aplikasi dan konten. Dengan menghadirkan para ahli, pakar dan profesional dibidangnya untuk memberikan masukan dalam satu ruang diskusi.

FGD yang digagas Wantiknas dan IST AKPRIND bertujuan untuk menghimpun ide, gagasan, masukan dan rumusan isu strategis TIK daerah, serta menyelaraskan inisiatif pihak swasta, pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi permasalahan yang ditimbulkan dari dampak implementasi TIK sehingga menciptakan sinergi antar pemangku kepentingan dalam mewujudkan ekosistem TIK sehat dan berdaya saing. FGD tersebut dihadiri dari berbagai pihak seperti akademisi, pakar, ahli, dunia usaha, UMKM, pemerintah daerah hingga komunitas yang peduli dengan perkembangan TIK. (tdj)

Kegiatan Robotik di SMK 1 Blora

0

Selama 1 hari pada tanggal 1 November 2019, Tim Robotik dari Jurusan Teknik Elektro IST AKPRIND Yogyakarta mengadakan kegiatan pelatihan Robotik untuk kelas X dan XI SMK Muhammadiyah1 Blora. Dalam kesempatan ini disampaikan oleh Sigit Priyambodo, ST.,MT. selaku ketua Tim menyampaikan maksud kunjuangnnya yaitu mengenalkan Ilmu robotika merupakan gabungan dari tiga konsep ilmu, yaitu : elektronika, mekanika dan komputer pemrograman didampingi oleh anggota tim Beny Firman, S.T., M.Eng. serta 2 (dua) orang mahasiswa dari UKM Robotika.
Kepala sekolah SMK Muhammadiyah 1 Blora Drs. Salamun menyambut dengan antusias atas terselenggaranya kegiatan ini. Umumnya siswa sangat antusias dalam mengikuti pelatihan karena materi yang diberikan lebih banyak praktek dan hanya menyinggung sedikit teori dasar, pelatihan juga dapat memberikan pengetahuan dasar tentang robotika.
Acara ini kegiatan pelatihan Robotik diikuti seluruh siswa kelas X dan XI. dalam rangka untuk menimba ilmu serta meningkatkan kualitas perakitan pada bidang ilmu robotika. Untuk tahap awal, para peserta pelatihan mendapat pengenalan komponen robotika seperti: Baterai, Motor DC, Rangkaian kontroldan hasil yang diperoleh dari kegiatan ini siswa dapat merakit robot soccer yg dikendalikan dengan smartphone android

Rakernas Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) 2019

0

Dekan Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta Toto Rusianto menghadiri Rakernas Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI), yang dilaksanakan di Grand Jatra Hotel Balikpapan Kalimantan Timur pada tanggal  9 November 2019. Pada rakernas FDTI tersebut pihak penyelenggara yang ditunjuk adalah dari Universitas Balikpapan Kalimantan Timur dalam hal ini Dekan Fakultas Teknologi Industri Uniba Dr. Ir. Isradi Zainal, MT, MH, MM, DESS, IPU., Asean Eng.

Beberapa agenda penting dalam rakernas tersebut antara lain:

  1. Pembahasan anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga FDTI
  2. Kerjasama bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
  3. Sumbang saran terkait Ibukota baru Negara Republik Indonesia di wilayah Kalimantan Timur.

Dalam acara tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum FPDTI 2019/ 2021, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., IPM., Asean Eng, beserta pengurus lainya antara lain Wakil Ketua Umum, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT., Ph.D, Sekretaris Jenderal, Dr. Ir. Isradi Zainal, MT, MH, MM, DESS, IPU., Asean Eng, Wakil Sekjen, Dr. Ir. Zakir Sabara, ST, MT,., IPM., Asean Eng, Bendahara, Ir. Seri Maulina, M.Sc., Ph.D dan Wakil Bendahara, Dr. Eng. Ir. Andi Rusdin, ST., M.Eng. Ketua Wilayah Timur, Dr. Ir. M. Arsyad Thaha, MT, Ketua Wilayah Tengah, Dr. Ir. Hendri Budiono, M.Eng dan Ketua Wilayah Barat, Dr. Ir. Ari Sandyavitri, M.Sc. Acara penutup dilakukan bersamaan dengan makam malam bersama yang diselenggarakan oleh Rendi Susiswo Ismail, S.E., S.H., M.H. selaku Ketua Badan Pembina Yapenti DWK, Yayasan yang menaungi Uniba. Harapan ke depan FDTI dapat memberikan kontribusi terbaiknya untuk kemajuan Negara Indonesia.

Masa Orientasi Studi Mahasiswa Baru 2019

0

Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Amir Hamzah M.T, mengungkapkan bahwa dari 20 juta pemuda Indonesia usia pendidikan tinggi. Dari jumlah tersebut hanya 34% yang mampu mengenyam pendidikan pada level pendidikan tinggi. Sehingga pemuda yang mampu menempuh pendidikan tinggi harus bersyukur dan memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya. Hal tersebut diungkapkan saat menjadi inspektur upacara pembukaan Masa Orientasi Studi Mahasiswa (SASIDIWA) IST AKPRIND tahun 2019 dihalaman Kampus I, Senin (16/9).

Rektor menyampaikan bahwa pendidikan di bidang sains dan teknologi merupakan bagian penting dalam kemajuan suatu bangsa. Hal ini karena pada era global seperti sekarang ini kemandirian suatu bangsa, maju mundurnya suatu bangsa banyak ditentukan oleh sejauh mana bangsa tersebut menguasai sains dan teknologi. Jepang dan Korea yang tidak memiliki lahan dan sumber daya alam, mampu mandiri bahkan menjadi pemasok produk-produk teknologi modern karena menguasai teknologi. Sehingga negara Indonesia dengan lahan yang luas, penduduk yang banyak dan sumber daya alam yang kaya, harus mampu mengejar ketinggalan dari bangsa-bangsa lain. Negeri ini membutuhkan agen-agen perubahan di bidang sains dan teknologi yang memiliki kepekaan dan komitmen tinggi untuk mengawal kemajuan bangsa dan negara. Agar masyarakat Indonesia tidak menjadi pasar dan konsumen saja dari produk-produk teknologi dari berbagai negara.

Terpisah, Ketua panitia SASIDIWA, Rydwan Illahi menyampaikan bahwa SASIDIWA merupakan agenda IST AKPRIND sebagai sarana untuk menjembatani proses transisi mahasiswa baru agar siap untuk mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi yang sangat berbeda dengan pendidikan di Sekolah Menengah. Dengan mengangkat tema “Membangun Generasi Muda berjiwa Kepemimpinan, kekeluargaan dan NAsionalisme melalui Organisasi”, Rydwan berharap mahasiswa baru memanfaatkan momen SASIDIWA ini untuk berproses melalui organisasi. Sasidiwa diselenggarakan hingga selama tiha hari hingga Rabu (18/9). Dalam pelaksanaannya peserta diajak mengenal lebih jauh IST AKPRIND baik sarana prasarana maupun teknis pelaksanaan kegiatan akademik dan non akademik. Selama kegiatan, Rydwan menjamin bahwa peserta SASIDIWA jauh dari unsur kekerasan fisik maupun non fisik.(tdj)

SHARE FacebookTwitter