Informasi

Instrumen Akreditasi BAN PT terbaru dan Panduan SAPTO

SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online)
Peraturan No 4 tahun 2017 ini merupakan dasar bagi seluruh Perguruan Tinggi untuk mulai secara serius merumuskan Capaian Pembelajaran (Outcome), merencanakan serta melaksanakan asesmennya serta menggunakan hasil asesmen tersebut untuk merumuskan dan melaksanakan tindakan perbaikan berkelanjutan. Hal ini merupakan langkah strategis yang menempatkan instrumen akreditasi sebagai tolok ukur pencapaian mutu perguruan tinggi dan program studi. Dengan menggunakan tolok ukur ini, Perguruan Tinggi dan Program Studi dapat menentukan tahapan-tahapan pengembangannya mulai dari pendirian program, pengelolaannya, sampai dengan peningkatan kapasitas dan kualitas. Tolok ukur ini selayaknya digunakan oleh institusi dalam merencanakan dan melaksanakan pengembangan, agar peningkatan peringkat akreditasi hingga mencapai peringkat unggul (A) di level nasional (BAN-PT), maupun pengakuan dari lembaga akreditasi internasional dapat diraih.
Rancangan instrumen akreditasi ini dalam tahap penyusunan oleh Dewan Eksekutif BAN-PT atau LAM untuk diajukan kepada Majelis Akreditasi BAN-PT untuk ditelaah dan ditetapkan. Penelaahan tentang instrumen baru ini akan dilaksanakn dengan memperhatikan hasil uji publik dan uji coba instrumen. Penyusunan instrumen akreditasi BAN-PT yang baru sebagai pengganti dari instrumen yang saat ini sedang digunakan diharapkan telah tuntas dan dapat ditetapkan pada akhir tahun 2017 sehingga dapat mulai digunakan pada akreditasi tahun 2018. Peraturan No 4 tahun 2017 dapat diunduh pada tautan ini : Peraturan BAN-PT No 4 tahun 2017 tentang Instrumen Akreditasi
SAPTO dapat mulai digunakan mulai 10 April 2017
Sistem Akreditasi Online juga merupakan upaya untuk mengefisienkan penilaian dan pengarsipan doumen akreditasi, baik di kantor BAN-PT maupun di Perguruan Tinggi dan Program Studi yang menyampaikan dokumen akreditasi. Setiap Perguruan Tinggi akan mendapatkan akses dan password penggunaan SAPTO dengan cara mengirimkan surat pengajuan resmi ke BAN-PT yang berisi permintaan untuk mendapatkan akses ke SAPTO dengan memberikan data alamat surel (e-mail) resmi untuk korespondensi dengan BAN-PT dan pejabat penanggung jawab akun tersebut. Setelah menerima surat pengajuan, BAN-PT akan mengaktifkan akun tersebut dan Perguruan Tinggi dapat mengakses serta mengelola akunnya.

Petunjuk penggunaan SAPTO dapat diunduh di:  https://sapto.banpt.or.id/