Tim Robot Brahmana Terbaik dalam KRI 2017

0
108

Robot karya Mahasiswa Institut Sains & Teknologi AKPRIND melaju ke ajang kontes robot di Jepang. Kontes Asia-Pacific Robot Contest (ABU Robocon) akan berlangsung pada 26-28 Agustus 2017.
Tim Robot Brahmana IST AKPRIND Yogyakarta berhak mewakili Indonesia ke Jepang setelah dinyatakan sebagai yang terbaik dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional tahun 2017 kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI). KRI 2017 diselenggarakan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada 6-9 Juli 2017.

f698467f-0ca1-4dfe-b451-3546a24473fb_169Brahmana dirakit selama tujuh bulan. Sengaja dirancang dan didesain sebagai robot pelempar cakram untuk menyesuaikan tema kontes tahun ini. Robot berbobot 24 kilogram ini dirakit dengan penggerak motor dan penggerak angin bertenaga baterai. Dirancang portabel dengan pilihan baterai jenis litium polimer yang berbobot ringan, namun bisa menyimpan daya cukup lama.

Di Jepang, Robot Brahmana akan beradu di lapangan berukuran 12 x 12 meter persegi. Jarak lemparan dibagi tujuh titik. Perolehan poin dihitung berdasarkan ketepatan lemparan cakram pada target. Dari hasil uji coba, Brahmana mampu melempar cakram sejauh delapan meter. Tiongkok, Vietnam, dan tuan rumah Jepang diperkirakan bakal menjadi lawan-lawan berat Brahmana.

Sang operator, Aryono Priambudi, punya strategi khusus untuk memenangi lomba, sebagaimana di tingkat regional dan nasional. Hanya, strategi itu baru akan terlihat saat dia melihat permainan lawan.

Menyambut kontes di Jepang, Brahmana akan diterbangkan lebih dulu sebelum 7 Agustus. Sementara tim menyusul belakangan. Sebelum jadwal kontes tim harus sudah siap.

“Ini kontes bergengsi Asia Pasifik pertama yang kami ikuti. Tentu saja harus tampil terbaik untuk membawa nama harum bangsa. Mudah-mudahan sampai final,” ungkap pembimbing tim robot IST AKPRIND Beni Firman, ST., MEng.

 

SHARE
Previous articleKESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA /K3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here