KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA /K3
WAJIB DIKETAHUI CALON INSINYUR
20170317_102047
Pelatihan workshop K3 di Jurusan Teknik Industri oleh Ketua umum Ikatan Sarjana Teknik dan Manajemen Industri (ISTMI) Ir. Faisal Safa, M.Sc., IPM dari Jakarta

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menjadi topik yang wajib diketahui dan dipahami mahasiswa teknik sebelum menyandang gelar sarjana dan bekerja di industri. Selain itu materi K3 juga dijadikan poin dan penilaian utama saat proses pengambilan sumpah keinsinyuran sehingga materi ini sangat penting dipahami sejak dini oleh para mahasiswa teknik, menurut dekan Fakultas Teknologi Industri Dr. Ir. Toto Rusianto, saat membuka workshop K3 di ruang sidang utama Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Sementara itu menurut Ketua Jurusan Teknik Industri Endang Widuri Asih, ST, MT workshop tersebut selain untuk memberi bakal bagi calon sarjana Teknik Industri juga sebagai kompetensi  yang harus dikuasai sejak dini saat memasuki dunia kerja. Workshop yang mengambil topik berjudul “ Peranan Penting Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja”. Bertujuan memberikan bekal kepada mahasiswa dan dosen pentingnya K3 dalam bidang industri. Workshop tersebut disajikan oleh Ketua umum Ikatan Sarjana Teknik dan Manajemen Industri (ISTMI) Ir. Faisal Safa, M.Sc., IPM dari Jakarta. Materi yang diberikan meliputi pentingkan K3, cara mengevaluasi dan menilai program K3 secara detail kepada mahasiswa dan dosen Teknik Industri.

Kegiatan workshop K3 ini berlangsung 2 hari sejak hari Jumat dan sabtu 17 dan 18 Maret 2017. Workshop diakhiri dengan melakukan kegiatan lapangan di CV Karya Hidup Sentosa di Jalan Magelang Yogyakarta.  Kunjungan tersebut sekaligus untuk melihat pelaksanaan K3 di perusahaan tersebut yang telah menjadi bagian dari kinerja di perusahaan tersebut. Dari hasil kunjungan tersebut ditugaskan kepada mahasiswa peserta workshop untuk melakukan evaluasi dan menilai K3 di industri, sebagai materi pembelajaran dalam memperdalam ilmu di bidang Teknik Industri.

Setelah mengikuti workshop ini, diharapkan mahasiswa akan memahami, peraturan-peraturan yang mensyaratkan K3, bagaimana menyusun program sistem manajemen K3, kendala-kendala yang dihadapai dalam implementasi dan solusinya. namun manfaatnya dapat lebih luas, yaitu untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya K3 untuk kehidupan sehari-hari. Karena pada hakekatnya bahaya ada dimana-mana di sekitar kita dan keselamatan dan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan utama dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here